Akhir-akhir ini sering dengar istilah Google Analytics? Kira-kira apa itu Google Analytics, dan seberapa penting dia untuk para pemilik website?

Lihat growth-nya di Google Analytics aja!

Pernyataan seperti yang ada di atas mungkin sudah nggak asing dalam dunia digital marketing. Apalagi buat yang sering bikin daily report untuk melaporkan perkembangan website, Google Analytics (GA) mungkin akan menjadi makanan sehari-hari deh.

Walau istilah Google Analytics sering digunakan akhir-akhir ini, tapi jujur, sebenarnya kamu sudah tahu apa itu Google Analytics apa belum? Kalau belum, mungkin ulasan ini akan sedikit memberi kamu pencerahan.

apa itu google analytics

Apa Itu Google Analytics (GA)?

Google Analytics adalah layanan yang dibuat Google pada tahun 2006. Sejak tahun pertama pembuatannya sampai sekarang, tak ada yang menyangka jika Google Analytics mampu menjadi layanan rujukan banyak orang jika ingin mendapatkan report dalam data metrik.

Google Analytics sendri bisa digunakan untuk mengetahui pertumbuhan followers, pertambahan pengunjung, jumlah pembaca dalam sebuah blog atau social networks yang terhubung dengan Google (seperti YouTube, dll).

Dengan segudang fitur yang ada di dalamnya, bisa dibilang kalau Google Analytics bisa menjadi salah satu tools powerful untuk pekerjaan di dunia digital. Dengan adanya Google Analytics, aktivitas reporting akan lebih mudah dan data yang disajikan dijamin sangat lengkap.

Apa Saja yang Bisa Dipantau Melalui Google Analytics?

Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, Google Analytics menampilkan berbagai data dari sebuah website. Nah kira-kira apa saja data yang bisa ditampilkan oleh Google Analytics?

Sumber Traffic

Google Analytics bisa menampilkan sumber dari traffic pengunjung website. Cukup klik “Acquisitions,” kamu sudah bisa melihat pengunjung website-mu sumbernya dari mana. Secara otomatis, Google Analytics akan memindai lebih dari 20 search engine seperti Google, Bing, Yahoo, dll, untuk mendapatkan data. So pasti data yang didapatkan akan sangat akurat.

Social Settings

Sering berurusan dalam membuat campaign di dalam akun media sosial? Membuatnya tentu tidak akan lengkap tanpa adanya report. Nah, dengan adanya Google Analytics, semuanya bisa ditelusuri secara lebih terperinci.

Oya, kamu mungkin tidak bisa menambahkan tracking ID Google Analytics ke sosial media. Tapi setidaknya kamu bisa menambahkannya di bawah pengaturan social settings. Misal kalau kamu ingin memantau YouTube, kamu tinggal copy-paste URL di dalam pengaturannya.

Average Tim on the Page

Ini adalah metrik Google Analytics yang menampilkan informasi berupa waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung ketika ada di website-mu. Informasi yang bisa kamu dapatkan antara lain:

  • Tingkat ketertarikan pengunjung.
  • Engagement rata-rata para pengunjung.
  • Level engagement di dalam website.

Interest

Interest adalah tingkat ketertarikan pengunjung terhadap konten website. Dengan adanya laporan ini, kamu bisa memahami apa saja hal-hal yang disukai pengunjung. Dengan begitu, kamu bisa membuat konten yang lebih terarah untuk meningkatkan traffic.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.