Kehabisan inspirasi buat bikin konten media sosial kreatif? Mungkin kamu perlu coba contoh ide konten media sosial kreatif untuk optimasi bisnis berikut ini.

Pengguna media sosial setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Tahu kenapa? Selain karena untuk mengikuti tren, fitur-fitur terbaru yang disajikan oleh berbagai platform media sosial juga secara tidak sadar dapat membuat orang ‘terjerat’ dan bahkan ‘kecanduan’ bermedia sosial.

Pemakaian media sosial saat ini tidak hanya sekedar untuk berbagi kabar dengan orang lain. Lebih dari itu, saat ini penggunaan media sosial saat ini bahkan telah merambat ke dalam dunia bisnis. Bisa dibilang saat ini keberhasilan media sosial bisa menjadi salah satu tolak ukur dari kesuksesan sebuah usaha dan bisnis.

Kesuksesan bisnis melalui media sosial tentu tidak bisa diraih dengan mudah. Selain bermodalkan konsistensi, konten media sosial dengan berbagai ide gila juga bisa menjadi faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan suatu bisnis.

Nah masalahnya tidak sedikit orang yang merasa ‘mampet’ inspirasi. Artinya mereka sudah kehabisan ide untuk bikin konten media sosial yang dapat membantu optimasi bisnis.

Kalau kamu sedang mengalami masalah yang sama, tenang, tidak usah khawatir. Kami punya solusinya! Kami akan bocorkan beberapa contoh ide konten media sosial kreatif untuk optimasi bisnis. Yuk, langsung simak saja!

Breaking News

Sesuai namanya, konten ini selalu update dengan berita-berita terbaru. Di dalamnya kamu bebas mau menyelipkan kalimat-kalimat promosi atau tidak.

Perlu kamu tahu, konten semacam ini memang cepat menarik perhatian banyak orang. Tapi kamu harus ‘secepat kilat’ dan konsisten meng-update berita. Selain itu, konten semacam ini juga lebih cepat basi. Jadi kamu harus rajin update informasi supaya audiens tidak hijrah ke akun lain.

Informatif

Boleh dibilang konten informatif = konten edukasi. Dalam konten ini, kamu harus memberikan informasi yang bermanfaat dan ‘benar-benar’ bisa dipakai target audiens-mu.

Perlu digarisbawahi, tujuan utama dari konten ini adalah untuk membangun kepercayaan brand kamu di mata audiens. Makanya, perhatikan teknik penyampaian informasi yang kamu gunakan ya. Pastikan setiap informasi kamu sampaikan dengan gaya bahasa yang informatif dan mudah dimengerti semua orang.

Hiburan

Ya mau bagaimanapun, media sosial intinya memang diciptakan untuk dipakai orang bersenang-senang. Selain itu, media sosial juga dipakai untuk bersosialisasi dan membangun silaturahmi dengan orang lain. Makanya berbagai konten dengan tema menyenangkan pasti akan langsung diserbu banyak orang. Biasanya konten-konten seperti ini akan memiliki persentase viral yang jauh lebih tinggi.

Promosi

Mayoritas konten ini dipakai untuk memperkenalkan produk baru / promo yang sedang on-going kepada audiens. Contoh konten promosi yang bisa kamu coba adalah kuis berhadiah / GIVEAWAY, voucher, testimoni, dll.

Komunikasi

Konten ini mengutamakan interaksi keterlibatan dua arah antara audiens dan juga brand. Makanya fokuskan pesan yang kamu sampaikan agar bisa mengajak audiens untuk turut berkomentar, dan ikut terlibat dalam postingan kontenmu.

Satu lagi poin yang paling penting, pastikan kamu rajin membalas semua komentar yang diberikan audiens ya. Selain bisa membuat insight media sosialmu bertambah, hal ini juga bisa membuat audiens merasa akrab dan dekat denganmu.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.