Bagaimana tips dan acara elegan dalam hadapi review jelek dari konsumen? Biar nggak penasaran, simak ulasan berikut yuk!

Memang butuh hati lapang dan waktu maksimal, ketika harus berhadapan dengan komentar buruk dari pelanggan. Sedikit saja salah taktik menyelesaikannya, bisa-bisa bisnis kamulah yang jadi korbannya. Coba pakai tujuh tips berikut, yang sudah banyak berhasil membantu pebisnis.

Tanggapi Dengan Sopan Dan Empati

Semarah apapun dan seburuk apapun komentar dari pelanggan yang kamu dapatkan, tetaplah menanggapinya dengan sopan. Ingat pepatah bahwa pelanggan adalah raja, dengan begitu akan lebih mudah menempatkan diri untuk memberikan tanggapan yang tepat.

Bacalah Review Negatif dengan Seksama & Hati-Hati

Bacalah review tersebut sebagai langkah awal merespon review negatif dengan detail dan hati-hati. Jika perlu, jangan ragu untuk membacanya sampai beberapa kali, sampai kamu benar benar paham apa yang dimaksud pelanggan dari komentarnya tersebut.

Jangan gegabah hanya mengambil kesimpulan dari membaca sepintas, karena percaya atau tidak, dampaknya akan sangat besar pada solusi dan caramu menanggapinya nanti.

tips hadapi review jelek

Analisis Kesalahan dan Minta Maaflah

Sebagai pelanggan, kamu pasti akan marah jika penjual tidak menanggapi review jelek atau bersikap ‘masa bodoh’ dengan masukan yang diberikan oleh kustomer. Hal tersebut akan membuat kustomer tersebut tidak akan mau kembali lagi membeli barang di toko.

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk bersikap ‘legowo.’  Meminta maaf ketika pelanggan kecewa adalah cara tepat, untuk meredakan emosi mereka. Jangan pernah bertahan di posisi tidak merasa bersalah, hanya akan memperkeruh keadaan dan tidak mendapatkan solusi yang tepat.

Pahami Kapan Waktu yang Pas untuk Berkomentar

Kapan saat yang tepat? Secepatnya setelah komentar itu datang, paling tidak kamu butuh waktu beberapa menit untuk melakukan analisa persoalan sebelum menanggapi komentar tersebut.

Jangan dibiarkan berlarut-larut, bisa saja menjadi boomerang dan menimbulkan banyak masalah baru dari pelanggan lain yang ikut berkomentar. Lalu, ujung-ujungnya nama baik perusahaan atau bisnismu yang terkena imbas.

Jangan Baper Ya!

Ketika bergelut di dunia bisnis yang berhubungan langsung dengan pelanggan, kamu harus siap menguatkan hati agar tidak terbawa emosi atau merasa dilukai. Anggaplah semua komentar negatif tersebut, sebagai motivasi untuk merubah yang buruk jadi lebih baik.

Memang di awal akan sulit mengatasi komentar tersebut, apalagi jika kamulah yang langsung dicecar oleh pelanggan. Tapi, cobalah berprinsip bahwa kerja adalah kerja dan bukan urusan pribadi.

Alhasil, kamu bisa memilah mana yang harus ditanggapi secara profesional dan mana yang merupakan urusan pribadi. Latihlah mulai sekarang, supaya ketika nanti benar-benar mendapatkan review buruk maka kamu akan lebih siap untuk mengatasinya.

Oke, itulah beberapa cara dan tips elegan dalam menghadapi review buruk dari kustomer. Karena tips-tips di atas merupakan salah satu strategi dalam digital marketing, jadi jangan baper dan coba praktikkan tips-tips di atas ya.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.