Sering dikira sama, lantas apa perbedaan SEO dan Google Ads untuk bisnis? Simak penjelasan lengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Bagi pengguna internet marketing, istilah SEO pasti sudah tak asing lagi. SEO atau Search Engine Optimization menjadi strategi terbaik untuk menjadikan bisnis lebih menonjol dibandingkan dengan para kompetitor.

SEO bisa meningkatkan peringkat website pada mesin pencari, sehingga orang-orang bisa melihat sebuah website di antara para kompetitor. Karena orang-orang hanya mengklik beberapa website di halaman teratas, maka untuk tetap kompetitif, akan membutuhkan strategi SEO yang cerdas dan bekerja dengan baik.

Jika SEO dengan kata kunci tertentu menghasilkan result di SERP yang terbaik (pada halaman 1 dan pencarian teratas), maka lakukan pengurangan BID pada Google Adwords. Namun, itu tidak wajib, karena beberapa kompetitor tentunya bisa saja mendatangkan dari fasilitas Adwords, namun setidaknya dengan keunggulan SEO yang didapatkan, setidaknya dapat mengurangi pengeluaran keuangan.

Maksimalkan Google Adwords dengan kata kunci yang unpredictable/ kata kunci yang jarang digunakan kompetitor namun terbukti efektif dan relevan untuk bisnis.

perbedaan seo dan google ads

Apakah SEO dan Adword Saling Mempengaruhi?

Google Ads dan SEO bisa bekerja bersama secara harmonis jika anda menjalankannya dengan baik. Kekuatan dari Google Ads terletak pada kemampuannya dalam meninggikan perusahaan di mesin pencarian.

Sedangkan kekuatan SEO organik adalah hasil dari kampanye SEO digital marketing yang dibuat dengan baik yang mengkombinasikan konten berkualitas, desain yang hebat, dan pengenalan industri dalam satu kampanye gratis. SEO harus terus ditingkatkan dan pastikan bahwa konten tepat sasaran serta relevan dengan industri.

Manfaatkan kekuatan dari Google Ads. Jika berkomitmen mengeluarkan dana agar website muncul pada halaman pertama Google, berarti telah membuat keputusan yang tepat.

Google Ads vs SEO

Perbedaan utama antara SEO dan Google Ads adalah SEO selalu bersifat organik dan Google Ads memberikan tempat bagi perusahaan pada bagian tengah halaman pertama mesin pencarian. Google tidak membebankan biaya untuk SEO organik.

Jika perusahaan cukup baik untuk muncul pada halaman depan Google berdasarkan algoritma mesin pencarian, maka website bisa menduduki halaman depan Google secara gratis. Google akan melakukan scan pada halaman website secara berkala dan menjatuhkannya jika website dirasa tidak lagi cukup berharga.

Pengertian SEO

SEO adalah upaya mengoptimasi website untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik akan meningkat. SEO juga akan membantu mendapatkan trafik yang tepat.

Jadi tidak hanya fokus pada trafik tinggi, tapi juga trafik yang tepat sesuai dengan tujuan utama website. Untuk memastikan bahwa website tampak baik bagi Google’s bot adalah membuat konten yang bermanfaat dan dapat menarik minat pembaca, serta memastikan bahwa website responsif, yang artinya website sesuai dengan device yang menampilkannya.

Pengertian Google Ads

Google Ads adalah program periklanan online Google. Google Adwords/Ads merupakan sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian google sebagai sarana beriklan, biasa disebut juga sebagai SEM (Search Engine Marketing) atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Melalui Google Ads, dapat membuat iklan online untuk menjangkau pengunjung yang tepat saat mereka tertarik pada produk dan layanan yang ditawarkan. Google Ads sangat berbeda dengan SEO karena sebuah bisnis harus membayar untuk bisa berada pada posisi atas mesin pencarian.

Google Ads menjadi cara yang hebat untuk mengembangkan bisnis yang masih baru, dan bisa digunakan untuk mempromosikan kampanye tertentu, penjualan atau pemberitahuan dari perusahaan besar. Google Ads adalah cara cepat untuk berada pada halaman awal hasil pencarian Google.

Google Ads digunakan untuk membangun visibilitas perusahaan di mesin pencarian dengan meletakannya pada posisi teratas mesin pencarian. Pemilik web membuat iklan dan membayarnya ketika pengunjung melakukan klik pada iklan tersebt. Ini mengapa Google Ads disebut dengan PPC (pay per click). Beberapa perusahaan menjalankan iklan Google Ads secara teratur. Sedangkan yang lain hanya menjalankan iklan pada waktu tertentu saja.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.