Apa saja manfaat memakai jasa endorse untuk promosi bisnis di Instagram? Simak penjelasannya dalam ulasan kami berikut ini.

Endorse adalah bentuk promosi sebuah barang atau jasa di media sosial. Endorse merupakan sebuah taktik bisnis yang dilakukan produsen, supaya produknya laris dibeli konsumen. Biasanya taktik ini sering kali menggait selebriti atau publik figur yang terkenal.

Praktiknya disebut dengan endorsement. Dalam Bahasa Inggris, arti endorse adalah dukungan atau pengesahan. Namun dalam surat kabar The Economic Times, arti endorse adalah bentuk iklan atau promosi yang menggunakan tokoh atau selebriti terkenal yang memiliki pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, dan sebagainya dari banyak orang.

Dalam pelaksanaannya, jasa endorse ini biasanya dilakukan dengan berbayar dan tidak berbayar untuk mendapatkan manfaat tergantung dari kesepatan antara promotor dengan brand. Sehingga dapat meminimalkan pengeluaran financial untuk mengiklankan sebuah produk ataupun jasa.

Pengertian dan Peran Endorse dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis, arti endorse adalah cara pemasaran dengan membuat produk tersebut seolah-olah didukung oleh orang terkenal. Dengan memanfaatkan tokoh, selebriti, atlet, dan orang terkenal lainnya, produk tersebut bisa meningkatkan kesadaran calon pembeli.

Secara umum, arti endorse Instagram adalah ebagai pengakuan oleh orang yang mengiklankan produk tersebut, kalau orang tersebut menggunakan dan menyukai produk yang diiklankan, untuk mempengaruhi calon konsumen agar membeli produk barang atau jasa yang ditawarkan.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan endorse ini bisa dilakukan secara terang-terangan yang dibalut dengan caption berisikan kalimat bersifat persuasif. Tapi, ada banyak juga perusahaan atau brand yang meminta artis untuk melakukan kegiatan endorse secara natural atau yang sering disebut dengan soft selling. Mereka menggunakan kekuatan dari artis atau selebgram tersebut untuk melakukan kegiatan promosi.

Namun, dalam melakukan endorse anda perlu memperhatikan pemilihan publik figur yang tepat untuk nantinya akan memasarkan produk atau jasa Anda. Sebab memilih tokoh yang tidak sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan oleh produk hanya akan membuat strategi Anda berjalan sia-sia.

Kekurangan Endorse dalam Bisnis

Meskipun banyak memberikan manfaat, endorse juga mempunyai kekurangan. Berikut ini ada beberapa kekurangan dari endorse, diantaranya:

  1. Popularitas Selebriti Berubah

Saat brand memilih selebriti atau publik figur untuk mengiklankan sebuah produk, kemudian publik figur tersebut terkena skandal, maka popularitasnya akan berubah dan mempengaruhi citra produk.

  1. Membayangi Produk

Karena seorang selebriti atau publik figur tidak hanya mengiklankan satu produk, sehingga bisa membayangi produk dari brand tersebut. Ada sebagian penggemar yang beranggapan, kalau selebriti itu mengaitkan produk dan menyandingkan dengan merek lain.

  1. Endorse Mahal

Meskipun ada yang menawarkan jasa endorse dengan harga murah atau gratis, namun buat Anda yang ingin menggunakan selebriti atau selebgram dengan popularitas yang bagus diperlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk melakukan endorse, brand akan mengeluarkan uang yang cukup besar untuk membayar selebriti, tergantung dari popularitasnya selebriti tersebut. Namun ada beberapa pengiklan yang dibayar mahal, tetapi kinerja dan hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan.

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.